Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi

Martin, Brown, De Hayes, Hoffer, dan Perkins mendefinisikan Teknologi Informasi ini merupakan kombinasi teknologi komputer yang terdiri dari perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi komunikasi untuk melakukan penyaluran informasi. Di teknologi komunikasi digunakan sebagai alat penyaluran informasinya, sedangkan informasinya diolah dan disimpan dalam komputer.

Masa Prasejarah
Pada masa prasejarah teknologi informasi ini digunakan sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang ingin dikenali. informasi yang didapat ini selanjutnya digambarkan pada dinding gua tempat tinggal tersebut.
Mengkomunikasikan informasi dengan gambar atau lukisan menjadi pilihan yang baik karena kemampuan berbahasa pada waktu itu hanya berkisar pada suara dengusan dan isyarat tangan. Setelah cara mereka berkomunikasi ini terus berkembang dari menggunakan bahasa isyarat hingga menciptakan alat yang menghasilkan bunyi seperti gendang atau kentong, terompet yang terbuat dari tanduk hewan, dan isyarat asap sebagai pemberi peringatan terhadap keadaan tertentu seperti keadaan berbahaya.
Teknologi Informasi berkembang pada masayarakat kalangan atas seperti para kepala suku atau kelompok, digunakan pada kegiatan tertentu seperti upacara, dan ritual. Teknologi informasi belum digunakan secara masal seperti yang kita kenal sekarang ini.

  • Sebelum Periode 3000 SM
    Pada periode ini cara manusia berkomunikasi masih sangat terbatas pada pengenalan bentuk yang mereka temukan. Kemampuan berbahasa manusia masih terbatas pada dengusan bahasa isyarat dan gerakan tangan.
  • Periode 3000 SM
    Pada massa ini untuk yang pertama kali, tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol yang dibentuk dari Piktografi sebagai huruf. Simbol atau huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi (penyebutan) yang berbeda sehingga mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa.
  • Periode 2900 SM
    Pada masa ini, Bangsa Mesir Kuno sudah mengenal dan menggunakan huruf Hieroglif. Huruf hieroglif merupakan bahasa simbol, dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol tersebut digabungkan menjadi satu rangkaian, maka akan menghasilkan sebuah arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan Bangsa Sumeria.
  • Periode 500 SM
    Manusia pada masa ini sudah mulai mengenal media untuk menyimpan informasi yang lebih baik dengan serat pohon dan juga sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai nil ini. Serat papyrus menjadi media untuk menulis atau media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya juga digunakan sebagai media informasi. Selajutnya, serat papyrus ini merupakan cikal bakal media yang kita ketahui hingga sekarang yaitu Media Kertas.
  • Periode 105 SM
    Pada masa ini, Bangsa China berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan oleh bangsa cina yang kita kenali sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci. Kemudia diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem percetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta atau yang kita kenali sekarang dengan sistem cap.

Masa Modern
Masa modern ini merupakan masa dimana teknologi informasi lebih berkembang pesat dari masa prasejarah. Pada masa ini, alat maupun sistem yang diciptakan sudah lebih canggih dari sebelumnya untuk mempermudah manusia dalam berkomunikasi.

  • Tahun 1455
    Untuk pertama kalinya Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak dengan menggunakan plat huruf yang terbuat dari besi dan dapat diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu.

  • Tahun 1830
    Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertama di dunia. Ia berkerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.

  • Tahun 1837
    Samuel Morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William Cook dan Sir Charles Wheatstone. Morse menggunakan kode-kode sederhana untuk mewakili pesan-pesan yang ingin dikirimkan dengan menggunakan pulsa listrik melalui kabel tunggal. Namun sinyal yang dapat dikirim dengan baik hanya berada dalam jarak 32 Km. Untuk jarak yang lebih jauh, sinyal yang diterima menjadi terlalu lemah untuk direkam. Kemudian, morse membangun peralatan relai yang ditempatkan di setiap 32 Km dari stasiun sinyal. Relai tersebut berfungsi untuk mengulangi sinyal yang diterima dan mengirimnya kembali ke 32 Km berikutnya. Relai terdiri dari sekelar yang dioperasikan secara elektromagnetik. Sistem telegraf kemudian segera digunakan untuk bisnis yang membutuhkan pengiriman pesan secara cepat untuk jarak yang jauh, seperti surat kabar dan pesan untuk perjalanan kereta api.

  • Tahun 1861 s/d 1876
    Ditemukannya teknologi cikal bakal film yang mirip seperti sekarang ini, dimana gambar dibuat bergerak dan diproyeksikan menggunakan sebuah layar besar. Dan di tahun 1876, dikembangkannya penulisan bilangan desimal oleh Melvyl Dewey.

  • Tahun 1877
    ALexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua pelanggan. Sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan angka, dimana nomor telepon menggunakan sistem 2 huruf dan 5 digit angka.

  • Tahun 1889
    Herman Hollerith menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan perhitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus yang dilakukan pada 1880 membutuhkan waktu 7 tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro Sensus memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu 10 tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. Herman Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat ini, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu 6 minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu ini berfungsi sebagai media penyimpanan data. Tingkat kesalahan perhitungan dapat ditekan secara drastis.

  • Tahun 1923 s/d 1931
    Zvorkyn ini berhasil menemukan TV tabung 1. Dan tahun 1931, Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. Mesin ini dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. MEsini ini sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.

  • Tahun 1939
    Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital 1. Sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih. Mengenai sejarah perkembangan komputer ini akan dijelaskan pada bagian berikutnya.

  • Tahun 1940 s/d 1972
    Lebih dimaksimalkan pengembangan teknologi komunikasi yang digunakan untuk pengiriman dan penerimaan dokumen militer pada saat Perang Dunia Ke-2 terjadi.Di tahun 1945, Pasca Perang Dunia Ke-2, Vannevar Bush menemukan sistem pengkodean menggunakan hypertext, yang merupakan teknologi cikal bakal pembuatan website. Di tahun 1946, Teknologi komputer ENIAC I dikembangkan untuk pertama kali digunakan dalam instansi tertentu. Di tahun 1948, Para peneliti di tahun ini berhasil menemukan dan mengembangkan transistor. Di tahun 1957, Jeon Hoerno ini mengembangkan perangkat transistor planar. Dan di tahun 1972, Cikal bakal teknologi email ditemukan oleh Ray Tomlinson dan dipergunakan untuk berkomunikasi jarak jauh.

  • Tahun 1973 s/d 1990
    Pada masa tahun ini, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper tentang TCP/IP. Secara harfiah INTERNET (Interconnected Networking) diartikan sebagai rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Rangkaian pusat yang membentuk internet diawali pada tahun 1969 sebagai ARPANET yang dibangun oleh ARPA (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET di antaranya adalah kaedah rangkaian tanpa pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching).

  • Tahun 1981
    National Science Foundation mengembangkan backbone yang disebut SCNET dengan kapasitas 56 kbps untuk setiap instusi dalam pemerintahan.

  • Tahun 1983 s/d 1990
    Pada 1 Januari 1983 ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya dari NCP ke TCP/IP. ini merupakan awal dari internet yang kita kenali sekarang. Kemudian, pada tanggal 1986, IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara DARPA, ARPANET. DDN, dan INTERNET GATEWAY. Pada tahun 1990, internet telah berkembang dan menyambungkan banyak pengguna jaringan komputer yang ada.

  • Tahun 1991 s/d Sekarang
    Sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulanginya biaya operasionalnya. Pada 1992, mulainya terbentuk komunitas internet dan diperkenalkannya istilah WWW ( World Wide Web) oleh CERN. Pada 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet menyangkut direktori dan penyimpanan data serta database (AT&T), jasa registrasi oleh (Network Solution Inc), dan jasa informasi oleh (General Atomics / CERFnet). Pada 1994, pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke dalam berbagai segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Pada 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini memulai pengembangan teknologi informasi, khususnya internet dan penelitian-penelitian untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih.

Beikut ini dibawah adalah contoh alat atau media komunikasi dan informasi pada Massa Modern:

  • Surat Kabar
    Surat kabar merupakan media cetak yang memuat berbagai informasi. Biasanya surat kabar disebut juga sebagai koran. Di dalam surat kabar ada beberapa topik yang termuat, seperti politik, metropolis, olah raga, budaya, cuaca, hiburan, dan sebagainya. Seiring dengan berkembangnya informasi, surat kabar kini tidak hanya berupa cetakan kertas saja, sekarang surat kabar juga dapat diakses melalui jaringan internet sehingga surat kabar tersebut dapat digolongkan sebagai media elektronik.
  • Telegraf
    Telegraf merupakan alat komunikasi pertama yang menggunakan sinyal elektrik dalam penggunaannya. Cara kerja alat ini adalah dengan mengirimkan sinyal elektrik yang berisikan sandi morse dan selanjutnya akan diterima kemudian diterjemahkan menjadi pesan. Telegraf ini ditemukan pada awal abad ke-19 namun alat ini sudah sedikit digunakan pada abad ke-21.
  • Faksmile
    Faksimile merupakan alat yang dapat mengirimkan dokumen dengan mengatur transmisi arus listrik. Mesin faks ini pertama kali ditemukan oleh Alexander Bain pada tahun 1843. Penemuan mesin faks ini merupakan salah satu tonggak terbesar dalam perkembangan teknologi informasi karena alat ini dapat mengirim pesan atau dokumen jauh lebih cepat pada masa itu. Sampai sekarang mesin faks juga masih sering digunakan terutama di setiap kantor-kantor.
  • Telepon Kabel
    Telepon kabel merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan atau menyampaikan pesan suara secara langsung. Telepon kabel beroperasi dengan cara mengubah suara menjadi sinyal listrik lalu ditransmisi melalui kabel telepon yang kemudian diubah menjadi suara. Telepon kabel ini ditemukan oleh Antonio Meucci pada tahun 1871 namun dipatenkan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Sampai saat ini telepon kabel masih digunakan diperumahan maupun perkantoran.
  • Radio
    Radio merupakan alat elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi dan informasi berupa suara(audio). Radio menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantaranya. Radio ditemukan oleh Guglielmo Marconi dan dipatenkan pada tahun 1896. Penemuan alat ini sangat berpengaruh pada perkembangan teknologi informasi dan tentunya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Karena dengan adanya radio, segala informasi dapat kita dapatkan dengan mudah.
  • Televisi
    Televisi adalah alat elektronik yang digunakan sebagai media komunikasi dan informasi yang dapat menampilkan gambar sekaligus suara (audio visual). Televisi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantaranya. Penemuan televisi ini memberikan banyak manfaat. Dengan adanya televisi, kita dapat melihat maupun mendengarkan suatu peristiwa yang jauh dari tempat kita berada. Televisi juga berkembang begitu pesat. Dulu, televisi hanya bisa menampilkan gambar hitam putih saja. Namun sekarang kita bisa menikmati televisi berwarna. Seiring berkembangnya teknologi, saat ini televisi tidak hanya digunakan untuk menonton saja, kita juga bisa bermain game, browsing di internet, bahkan hingga chatting melalui televisi pintar (Smart TV).
  • Telepon Genggam
    Telepon genggam merupakan alat komunikasi yang fungsinya sama seperti telepon kabel. Namun telepon genggam ini tidak membutuhkan kabel sebagai media transmisinya. Telepon genggam mentransmisikan data melalui gelombang radio. Sehingga penggunaan telepon genggam ini sangat praktis daripada telepon kabel. Telepon genggam juga mengalami perkembangan yang sangat pesat. Saat ini telepon genggam tidak hanya digunakan untuk menerima telepon atau mengirim pesan saja, namun kita bisa melakukan banyak hal hanya dengan menggunakan smartphone.
  • Komputer
    Istilah Komputer berasal dari bahasa latin “computare”, yang berarti alat hitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik. Sejarah dan perkembangan komputer dibagi menjadi lima generasi, tiap generasi ditetapkan berdasarkan teknologi pengembangan yang digunakan untuk membuat komputer tersebut beroperasi. Dari tiap teknologi pengembangan ini menghasilkan komputer yang lebih kecil, murah, efisien dan tangguh.
    • Komputer Generasi 1 (1946 – 1959)
      Komputer generasi pertama dibuat pada tahun 1946 dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen dasar. Tabung vakum adalah material yang tidak efisien karena menghasilkan panas yang berlebihan dan juga membutuhkan daya listrik yang besar untuk dapat bekerja.
      ENIAC atau Electronic Numerical Integrator and Computer merupakan salah satu contoh dari komputer generasi pertama yang dibuat oleh Mauchly dan Echert. ENIAC menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki persegi dan berat hingga 30 ton.
      Komputer generasi pertama ini menggunakan bahasa mesin, yang mana merupakan bahasa pemrograman yang paling dasar yang hanya dapat dipahami oleh komputer. Komputer generasi ini memiliki kemampuan yang terbatas untuk memecahkan suatu masalah dalam satu waktu. Untuk melakukan input digunakan kartu berlubang (punched cards) dan pita kertas. Output yang dihasilkan adalah sebuah print-out. Meski dengan fungsi yang sangat terbatas, namun biaya pembuatan komputer generasi ini terbilang fantastis, yaitu sekitar satu juta dollar.
      Pertengahan 1940-an, John Von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University Of Pennysylvania dalam usaha membangun konsep desain komputer 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer.
      Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Comnputer (EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung baik program atau pun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali.
      Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (Central processor unit / CPU) yang memungkinkan seluruh fungsi komputer dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Ciri utama dari komputer generasi pertama adalah CPU.
      Dengan konsep itulah John Von Neumann dijuluki sebagai bapak komputer modern pertama di dunia yang konsepnya masih digunakan sampai sekarang. Von Neumann juga merupakan orang pertama yang mencetuskan istilah “Game Theory” yang kemudian berkembang menjadi ilmu tersendiri. Game theory bermanfaat untuk mensimulasikan permainan, seperti catur, bridge, dan sejenisnya.
    • Komputer Generasi 2 (1959 – 1965)
      Penemuan penting telah terjadi di generasi kedua ini adalah transistor, alat canggih yang dapat memaksimalkan kinerja komputer dengan ukuran yang sangat kecil. Penemuan alat ini mempengaruhi perkembangan komputer pada generasi kedua. Pada 1960-an, para ilmuwan mencoba menggarap komputer generasi kedua.
      Beberapa instansi, perusahaan, universitas, serta pemerintah telah memanfaatkan kecanggihan dari komputer generasi kedua. Inti dari penemuan generasi II ini adalah transistor, yang membuat komputer generasi kedua berukuran lebih kecil daripada komputer generasi pertama.
    • Komputer Generasi 3 (1964 – 1970)
      Dalam pemakaiannya, transistor membuat komputer lebih cepat panas. Dengan demikian, komputer generasi kedua mulai ditinggalkan. Kemudian seorang ilmuwan bernama Jack Billy mencoba melakukan penelitian. Kemudian pada 1958, ia menciptakan komponen yang lebih canggih dibandingkan transistor. Yakni IC atau Integrated Circuit chip kecil yang mampu menampung banyak komponen menjadi satu.
      Dengan begitu, ukuran komputer menjadi lebih kecil. Pada komputer generasi ketiga juga lebih cepat disektor sistem operasi dan mampu menjalankan beberapa program secara bersamaan.
    • Komputer Generasi 4 ( 1979 – Sekarang)
      Ini adalah generasi dimana anda berada sekarang, komputer yang anda lihat disekeliling anda merupakan komputer dari generasi keempat, “Microprosesor” adalah konsep utama dibalik generasi ini. Dalam satu chip, terdiri dari ribuan transistor dan elemen sikuit lainnya yang dihubungkan menjadi satu.
      Perkembangan komputer generasi keempat tidak terlepas dari Intel, salah satu perusahaan pembuat chip yang telah menciptakan Intel 4004 Chip yang menjadi langkah awal pada perkembangan teknologi komputer yang kemudian menggantikan komponen komputer yang dulunya sebesar satu ruangan, kini hanya sebesar kepalan tangan.
      Di tahun 1971 komputer pertama buatan IBM diciptakan yang didesain khusus untuk penggunaan rumahan dan tahun 1984 Macinthos pertama kali diperkenalkan oleh Apple. Melihat peningkatan yang terjadi pada komputer di generasi ini melahirkan ide untuk meciptakan sebuah jaringan komputer, yang akhirnya mengarah pada perkembangan dan kelahiran internet. Kemajuan besar lainnya yang terjadi di generasi ini adalah diciptakannya Graphical User Interface (GUI), mouse, dan kemajuan yang menakjubkan lainnya hingga menghasilkan komputer jinjing yang bisa dibawa kemana-mana atau yang biasa disebut laptop.
    • Komputer Generasi Kelima (Sekarang s/d Masa Depan)
      Komputer generasi kelima memiliki teknologi kecerdasan buatan, dan hal ini masih dalam tahap pengembangan. Tujuan dari pengembangan komputer generasi kelima ini adalah menghasilkan sebuah komputer yang mampu merespon dengan input bahasa yang kita ucapkan dan memiliki kemampuan untuk mempelajari lingkungan sekitar dan menyesuaikan dirinya sendiri.
      Komputer kuantum, molekuler dan nanoteknologi menjadi kunci dari teknologi komputer generasi ini. Jadi boleh dikatakan bahwa komputer generasi ini akan memiliki kecerdasan layaknya kecerdasan pada manusia. Perkembangan selanjutnya adalah perangkat komputer yang dapat dijalankan tanpa harus menggunakan kontak fisik (Menyentuhnya), tetapi menggunakan otak. Lalu, akankah komputer generasi kelima ini terealisasi?

Komputer Generasi 1
Komputer Generasi Ke-2
Komputer Generasi Ke-3
Komputer Generasi Ke-4
Komputer Generasi Ke-5

TEKNOLOGI DEMYSTIFIEDA PRIMER MEDIA DIGITAL

Semua transmisi digital hanya terdiri dari dua digit: 1 dan 0. Ini sebenarnya adalah serangkaian peristiwa on (for 1s) –off (for 0s). Ini dapat dikodekan dalam berbagai cara termasuk menyalakan dan mematikan arus listrik atau cahaya pada koneksi Internet, mengubah polaritas magnet kecil pada permukaan hard drive komputer, atau pola lubang pada permukaan wajah CD.
Pertimbangkan panggilan telepon darat sederhana. Konversi digital terjadi pada kartu komputer yang menghubungkan saluran Anda ke sakelar perusahaan telepon. Pertama, kutipan singkat, atau sampel, dari bentuk gelombang listrik yang sesuai dengan suara Anda diambil dari saluran telepon pada tingkat 8.000 sampel per detik. Ukuran, atau level tegangan, dari masing-masing sampel diukur dan “dibulatkan” ke 256 kemungkinan pembacaan yang terdekat. Kemudian angka biner delapan digit yang sesuai ditransmisikan dengan menyalakan arus listrik untuk sesaat untuk menunjukkan 1 dan mematikannya untuk 0. Proses ini dibalik pada ujung penerima. Pada 8.000 sampel per detik dan delapan digit per sampel, sinyal on-off sangat banyak — 64.000 setiap detik! Dengan demikian, ketika dua kekasih berbicara di telepon dan ada keheningan lengkap (jika bermakna) di telepon, pembacaan tegangan adalah 0.
Yang Sesuai angka biner adalah 00000000. Jika para kekasih mulai bertengkar dengan keras, pembacaan tegangan mungkin melonjak ke maksimum: 11111111. Bagi pasangan, tampaknya mereka sedang berbicara satu sama lain, tetapi pada kenyataannya mereka mendengarkan emulasi komputer dari suara mereka. . Perekaman digital menggunakan metode yang sama, tetapi mereka menggunakan lebih banyak sampel dan memungkinkan lebih banyak level volume untuk meningkatkan kualitas suara.
Untuk membuat grafik komputer, komputer menyimpan informasi digital tentang kecerahan dan warna setiap titik pada layar komputer. Pada banyak layar komputer, ada 1024 titik cahaya (atau elemen gambar, singkatnya piksel) melintasi dan 768 ke bawah. Hingga 24 bit informasi mungkin diperlukan kembali untuk setiap titik sehingga jutaan warna masing-masing dapat diberi kode digital mereka sendiri.
Demikian pula, ketika kita mengetik teks ke komputer, masing-masing tombol sesuai dengan urutan unik delapan komponen. bit komputer (seperti 1000001 untuk A). Urutan-urutan ini adalah apa yang disimpan di dalam komputer atau ditransmisikan melalui Internet, dalam bentuk gelombang kecil listrik, abu cahaya, atau pulsa magnet. Indera manusia adalah murni sistem analog, jadi bagi manusia untuk menerima pesan, kita harus mengkonversi kembali dari digital ke analog.
Teknologi komunikasi digital mengubah suara, gambar, dan teks menjadi format yang dapat dibaca komputer dengan mengubah informasi menjadi string digit biner (bit) yang terdiri dari 1s dan 0s yang dikodekan secara elektronik (lihat Teknologi Yang Dibatifikasi: Primer Media Digital, di atas) . Orang yang menggunakan telepon saat ini masih mendengar suara fonetik “W” seperti yang dilakukan orang seratus tahun yang lalu, tetapi hanya setelah telepon mengubah suara analog menjadi pulsa digital dan kemudian mengubahnya kembali menjadi suara untuk penerimaan oleh manusia (lihat Gambar 1.2) . Komputer mengenali “W” dalam bit yang dikodekan dari 1010111 ketika Anda menekan tombol W pada keyboard. Kualitas informasi digital yang sangat berguna adalah bahwa banyak sumber yang berbeda dapat digabungkan dalam media transmisi tunggal sehingga saluran komunikasi yang sebelumnya berbeda, seperti telepon dan televisi, dapat diintegrasikan dalam media digital umum, seperti Internet atau sebuah DVD.

CHANGING INDUSTRIES

Sebuah tren konvergensi terus mendorong transformasi media konvensional ke bentuk digital baru (lihat Gambar 1.1, halaman 5), meskipun kekuatan di balik tren ini bergeser. Pada 1990-an, perusahaan media konvensional mencoba mendominasi media baru. Televisi kabel dan raksasa penerbitan Time-Warner bergabung dengan America Online, yang saat itu merupakan penyedia Internet terbesar. News Corporation, pemilik Fox Network, membeli MySpace.com. Konglomerat media lama Disney Corporation, National Amusements (pemilik jaringan kabel Viacom dan CBS Television), dan NBC Universal (anak perusahaan General Electric) juga memposisikan diri untuk membuat, mendistribusikan, dan memamerkan tenda di Internet sebagai serta dengan media cetak, radio, rekaman musik, televisi, dan film.
Namun, beberapa dari kombinasi ini terbukti berhasil dan con-glomerate media dibatalkan. AOL Time Warner kembali ke menyebut dirinya Time Warner dan kemudian memisahkan sistem kabelnya dari operasi medianya dan memutar AOL. Perusahaan media baru mengambil inisiatif dari yang lama. Apple membuat dirinya menjadi pemain paling kuat dalam industri musik rekaman dengan iTunes, mengguncang industri telepon dengan iPhone, dan mengguncang media cetak dengan iPad. Google muncul sebagai media periklanan terbesar, dan perekam video digital TiVo mengirimkan guncangan melalui industri TV.
Menyusul krisis ekonomi yang dimulai pada 2007, kesepakatan media yang sarat utang gagal karena pinjaman jatuh tempo dan pembiayaan mengering. Pendapatan iklan dan stok media merosot diikuti dengan jatuhnya permintaan untuk produk konsumen. Tidak ada industri yang lebih terpukul daripada surat kabar. Jumlah kota dengan dua surat kabar berkurang dan surat kabar harian lainnya mengurangi jumlah hari mereka melakukan pengiriman ke rumah atau menjadi publikasi online yang eksklusif. Charter Communications, perusahaan kabel terbesar keempat di Amerika Serikat, menyebabkan kebangkrutan, seperti halnya kelompok kepemilikan radio terbesar kedua, Cita-del Broadcasting. Miliarder Sumner Redstone, pemilik CBS Television dan Viacom, terpaksa menjual pembuat video game Midway Games dengan kerugian besar untuk membantu menyelamatkan dirinya dari hutang. Raksasa televisi kabel Comcast Cablevision mengambil alih NBC Universal saat putaran dari jaringan televisi NBC anjlok.
Mengubah industri juga berarti karier yang menantang bagi mereka yang memasuki profesi media.

MENGUBAH GAYA HIDUP

Ketika media baru memasuki hidup kita, pola konsumsi saya berevolusi. Empat per lima pengguna Internet sekarang menonton video online dalam sebulan, rata-rata sekitar 10 jam menonton bulanan (comScore, 2009). Tiga perempat pengguna Internet mengunjungi Internet untuk tujuan politik selama pemilu 2008 (Pew Research Center, 2009). Permainan video top seperti “Call of Duty” menghasilkan uang sebanyak film-film top seperti Iron Man 2.
Perubahan gaya hidup di kalangan populasi usia kuliah membuat para eksekutif media memperhatikan: orang dewasa muda tidak lagi mudah dijangkau oleh media massa konvensional. Mereka menghabiskan begitu banyak waktu menyulap iPod, ponsel, dan video game (sering bersamaan) dan berpartisipasi dalam komunitas online seperti Facebook sehingga hanya ada sedikit waktu atau minat tersisa untuk surat kabar atau televisi. Itulah sebabnya media lama menjalankan situs web untuk mempertahankan minat pada Survivor, membuat “buzz” untuk film baru, atau menambahkan forum diskusi langsung ke berita cetak. Itu juga mengapa media dan pengiklan mencari cara baru untuk merebut kembali audiens dewasa muda, seperti membuat acara TV tersedia secara online dan menyisipkan iklan ke dalam permainan video.


Referensi :

http://www.academia.edu/8536008/Definisi_Peranan_dan_Perkembangan_Teknologi_Informasi

https://id.wikipedia.org/wiki/Telegraf

http://www.biografiku.com/2011/12/biografi-alexander-bain.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Faksimile

https://id.wikipedia.org/wiki/Telepon

https://id.wikipedia.org/wiki/Guglielmo_Marconi

https://pakteo.wordpress.com/2011/04/11/teknologi-informasi

http://www.nesabamedia.com/sejarah-komputer-dan-perkembangan-komputer

http://komputerflas.blogspot.co.id/2014/05/sejarah-perkembangan-komputer.html

http://www.tandapagar.com/sejarah-perkembangan-komputer

https://id.wikipedia.org/wiki/Guglielmo_Marconi

https://www.indoworx.com/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-di-dunia/

https://tikom2sobang.wordpress.com/topik/kelas-vii/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi/

PDF E-BOOK : Media Now

Tinggalkan komentar